Translate

Thursday 17 September 2015

sejarah minecraft

Minecraft

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Minecraft
The Minecraft Logo
Logo Resmi dari Minecraft
Pengembang Mojang
4J Studios (Xbox 360)
Penerbit Mojang
Microsoft Studios (Xbox 360 & Xbox One)
Sony Computer Entertainment (PS3, PS4, PS Vita
Perancang Markus Persson (2009-2011)
Jens"Jeb" Bergensten (2011-sekarang)
Versi 1.8.7
Platform Java platform, Java applet, Android, iOS (Apple), Xbox 360, Windows, OS X, Linux, Xbox One, Raspberry Pi, PlayStation 3, PlayStation 4, PlayStation Vita
Tanggal rilis Windows, Mac, dan Linux
18 November 2011
Android
7 Oktober 2011
iOS
17 November 2011
Xbox 360 Xbox Live
9 Mei 2012
PlayStation 3
17-18 Desember 2013
PlayStation 4
4 September 2014
Xbox One
5 Desember 2014
PlayStation Vita
Musim Gugur 2014
Genre Orang pertama, sandbox
Mode Single player (pemain tunggal), Multiplayer (multi pemain)
Media digital/distribusi Diunduh di dalam browser
Minecraft adalah permainan bak pasir. Permainan ini awalnya diciptakan oleh pencipta asal Swedia, Markus "Notch" Persson, dan sekarang dikembangkan oleh perusahaannya, Mojang. Pada tahun 2011, Jens Bergensten, juga dikenal dengan nama samaran Jeb, mengambil alih kendali Minecraft.
Minecraft difokuskan pada kreativitas dan pembangunan, yang memungkinkan pemain untuk membangun konstruksi dari kubus bertekstur dalam dunia 3D. Alur permainan dalam rilis komersial memiliki 4 mode:
  • Survival, yang mengharuskan pemain untuk mendapatkan sumber daya sendiri dan memiliki poin nyawa dan lapar.
  • Creative, di mana pemain memiliki sumber daya yang tak terbatas, kemampuan untuk terbang, dan tidak ada poin nyawa maupun lapar.
  • Hardcore, sama seperti survival, hanya saja tingkat kesulitan terkunci pada pengaturan paling sulit dan tidak dapat hidup kembali, memaksa pemain untuk menghapus dunianya setelah mati.
  • Mode Penonton (Spectator), di mana pemain tidak berbenturan dengan blok, dan mampu melihat, namun tidak berinteraksi dengan blok.
Versi klasik juga tersedia secara gratis, meski sudah tidak dikembangkan lagi. Mode Creative menyerupai klasik, tetapi dengan lebih banyak fitur.
Minecraft dirilis dari alpha pada 17 Mei 2009, dengan versi beta pada tanggal 20 Desember 2010. Sebuah versi untuk Android dirilis sebulan sebelumnya pada 7 Oktober, dan iOS versi dirilis pada tanggal 17 November 2011.Pada tanggal 9 Mei 2012, Minecraft dirilis pada Xbox 360 sebagai permainan Xbox Live Arcade, serta pada PlayStation 3 pada tanggal 17 Desember 2013. Kedua edisi konsol sedang dikembangkan oleh 4J Studios. dan versi lengkap dari PC permainan ini dirilis pada 18 November 2011 di MineCon 2011. Pada 25 Juni 2014, permainan ini telah terjual lebih dari 12 juta kopi di Xbox 360, 15 juta kopi pada PC dan hampir 54 juta kopi di semua platform.
Minecraft telah dibeli oleh Microsoft pada tanggal 16 Agustus 2014.
Minecraft terdiri dari beberapa jenis seperti , Minecraft PE (Pocket Edition) , Minecraft Xbox 360 / Xbox One Dan Minecraft (Versi Windows, Mac, Dan Linux)

Daftar isi

Alur Permainan

Seorang pemain di Minecraft memiliki banyak kebebasan untuk memilih cara bermain dengan tujuan utama selamat dari serangan oleh monster, juga dikenal dalam permainan sebagai "hostile mobs" (seperti Zombies, Skeleton, Spider, dan Creepers), membuat tempat tinggal/bangunan dan membunuh Ender Dragon. Inti dari alur permainan tersebut adalah bertahan hidup. Permainan tersebut pada dasarnya terbuat dari kubus, diatur dalam pola kotak tetap yang mewakili blok yang berbeda, seperti tanah, batu, berbagai mineral, air, dan pepohonan. Sementara itu pemain dapat bergerak bebas di seluruh area, benda dan barang-barang hanya dapat ditempatkan di lokasi tetap yang relatif terhadap kotak. Pemain dapat mengumpulkan blok-blok material dan menempatkan mereka di tempat lain, sehingga berpotensi menciptakan berbagai konstruksi.
Minecraft memiliki tiga mode permainan: Survival, Creative, dan Hardcore. Sedangkan Classic merupakan versi gratis yang awalnya hanya menampilkan modus permainan Creative dengan bangunan-satunya (blok penempatan dan penghapusan) aspek dari permainan dan pasokan terbatas blok. Permainan ini kemudian dipecah menjadi mode permainan tunggal dengan nama Survival, yang berisi monster dan berbagai blok dan barang yang jauh lebih besar atas, serta membutuhkan pemain untuk menambang blok mereka sendiri.
Permainan dimulai dengan menempatkan pemain pada permukaan suatu permainan dunia hampir tak terbatas. Pemain dapat berjalan di medan yang terdiri dari dataran, pegunungan, gua, dan berbagai perairan. Dunia ini terdapat musim-musim di daerah tertentu, mulai dari gurun ke padang salju. Sistem waktu dalam permainan mengikuti siklus siang dan malam. Sepanjang permainan pemain bertemu berbagai makhluk nonmanusia, disebut sebagai monster. Selama keluar siang hari, terdapat binatang-binatang, yang bisa diburu untuk makanan dan bahan kerajinan. Saat malam atau gelap, para monster keluar, seperti laba-laba besar, skeleton, zombie, dan creeper. Saat ini, pemain juga mempunyai tujuan untuk mengalahkan "Enderdragon". Terdapat 3 jenis dunia yang ada di Minecraft. Pertama, Overworld, di mana pemain mulai bepertualang dan bertahan hidup. Kedua, Nether, Nether adalah neraka versi Minecraft, tempat Zombie Pigman, Ghast, Blaze, dan Wither Skeleton berada. Sedangkan yang ketiga adalah The End, tempat dimana Enderdragon berada.
Sistem yang kompleks dapat dibangun menggunakan dalam mesin fisika permainan dengan penggunaan perangkat mekanik primitif, sirkuit listrik dan gerbang logika yang dibangun dengan bahan dalam permianan dikenal sebagai Redstone. Misalnya, pintu dapat dibuka atau ditutup dengan menekan tombol yang terhubung atau menginjak Pressure Plate. Demikian pula, sistem yang lebih besar dan lebih kompleks dapat diproduksi, seperti unit aritmatika logika kerja.
Walau batas ada di gerakan vertikal baik atas dan ke bawah, Minecraft memungkinkan untuk dunia permainan besar tak berhingga yang dihasilkan pada bidang horizontal, hanya terjadi permasalahan teknis terjadi ketika lokasi yang sangat jauh tercapai. Permainan ini mencapai dengan memisahkan data menjadi beberapa bagian dunia permainan yang lebih kecil, yang disebut "chunk", chunk hanya dibuat atau dimuat ke memori ketika pemain berada di dekatnya. Setiap chunk memiliki ukuran 16x16x256
Walau Minecraft sebagian besar adalah permainan bak pasir, permainan ini juga mengandung beberapa unsur petualangan.
Selain itu, pemain juga dapat menambah berkas tambahan yang disebut juga sebagai "mod" ( Modifikasi ). Mod hanya bisa terunggah jika pemain mempunyai pemuat mod yang bisa didapatkan di situs resminya.

Minecon 2011

Pada tanggal 11 Mei 2011, Persson mengumumkan melalui blog miliknya suatu acara Minecraft resmi di Las Vegas pada tanggal 18-19 November 2011 (tanggal rilis permainan penuh)

Pengembangan

Pengembang Minecraft, Markus "Notch" Persson, memulai pengembangan permainan ini sebagai proyek mandiri ketika bekerja untuk King.com dan kemudian jAlbum.[1][2] Dia terinspirasi untuk membuat Minecraft oleh beberapa permainan lain seperti Dwarf Fortress, Dungeon Keeper, dan Infiniminer.
Pada saat itu, dia membayangkan permainan membangun 3D yang akan menjadi persilangan antara inspirasinya dan telah membuat beberapa purnarupa awal.[1] Infiniminer sangat memengaruhi gaya permainan, termasuk aspek orang pertama, gaya visual balok dan berpokok membuat balok.[2] Tapi, tidak seperti Infiniminer, Persson ingin Minecraft memiliki elemen RPG.[3] Hingga sekarang, Minecraft sekaligus Mojang telah dibeli oleh perusahaan Microsoft.

Referensi

  1. ^ a b Handy, Alex (March 23, 2010). "Interview: Markus 'Notch' Persson Talks Making Minecraft". Gamasutra. Diakses tanggal June 26, 2010.
  2. ^ a b Persson, Markus. "About the game". Mojang. Diakses tanggal June 26, 2010.
  3. ^ Davies, Marsh (November 10, 2012). "Blockbuster – The Making of Minecraft". PC Gamer. Future plc. Diakses tanggal December 20, 2012

No comments:

Post a Comment